-

Friday, February 18, 2011

Indahnya Stadion Beratapkan Pelangi


Sebuah fenomena alam yang langka, unik, dan menakjubkan menjadikan sebuah pertandingan sepakbola yang sebenarnya biasa saja jadi terasa istimewa, dengan hadirnya sebentuk pelangi yang tampil dramatis menghiasi langit di atas atap sebuah stadion sepakbola.
Pelangi itu tampil layaknya sebuah hiasan khusus bagi pertandingan sepakbola antara kesebelasan Doncaster Rovers dan Tottenham Hotspurs di Stadion Keepmoat, Inggris, 26 Agustus lalu, tepat saat para pemain mulai masuk ke lapangan.
*
Para pemain berjajar sebelum pertandingan dilatarbelakangi oleh lengkungan pelangi yang indah
para pemain berjajar sebelum pertandingan dilatarbelakangi oleh lengkungan pelangi yang indah (klik gambar untuk memperbesar)
*
tampilan pelangi yang tetap terang saat matahari mulai tenggelam pukul 7:30 waktu setempat
tampilan pelangi yang tetap terang saat matahari mulai tenggelam pukul 7:30 waktu setempat (klik gambar untuk memperbesar)
*
Sebagai informasi ilmiah, pelangi terbentuk akibat proses pantulan dan pembiasan cahaya. Cahaya matahari menyinari air hujan, kemudian cahaya tersebut dipantulkan ke arah orang yang menyaksikan. Air hujan bertindak layaknya sebuah prisma cahaya yang membelokkan dan membiaskan cahaya matahari ketika memasuki air yang selanjutnya cahaya tersebut terpecah menjadi spektrum penuh warna dari merah ke ungu.
Pada fenomena di atas stadion tersebut, menurut ilmuwan, pelangi tampil begitu jernih dengan tampilan warna yang begitu nyata, karena tetesan air hujan yang turun berukuran antara satu sampai dua milimeter. Kalau di luar ukuran itu, pelangi akan terlihat kabur.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...