-

Friday, March 11, 2011

Setelah Gempa Tsunami Jepang, Papua Timur Harus Waspada

Ahli geologi meminta masyarakat waspada karena gempa dan tsunami Jepang memicu bencana di kawasan Papua Timur. Ini terkait posisi lempengan pasifik dan eurasia.

Associate Profesor di Jurusan Teknik Geofisika Institut
Teknologi Bandung (ITB) DR. Eng. Ir. Teuku Abdullah Sanny, M.Sc mengungkapkan gempa Jepang yang terjadi akibat pergerakan lempeng pasifik dan eurasia mempengaruhi kestabilan beberapa negara diantaranya Indonesia, Filipina, Rusia, Taiwan dan Hawaii, Amerika Serikat.


“Karena Jepang berada di zona subduksi pasifik dan eurasia, termasuk Filipina, Taiwan dan kawasan Indonesia, maka jika terjadi pergolakan di Jepang juga berdampak dengan kawasan lain,” kata Sanny saat dihubungi INILAH.COM pada Jumat (11/3).

Pusat gempa 8,8 SR di pulau Honshu, Jepang, memang tempat pertemuan tiga lempengan diantaranya Eurasia, Pasifik dan lempengan laut Filipina, akibatnya, meskipun masing-masing memiliki perubahan yang sedikit namun membangun tekanan yang bisa menyebabkan gempa dengan kekuatan ganas.

“Jepang memang negara yang sangat rawan gempa. Apalagi, negara itu termasuk di kawasan ‘Cincin Api’ di mana menyimpan gunung berapi dan paris samudera di sekitar cekungan Pasifik. Begitu pula dengan Indonesia,” ujar Sanny lagi.

Meskipun begitu, Sanny menilai gempa yang akan terjadi di kawasan lempengan itu tidak akan berskala lebih dari 8 SR. “Jarang sebesar ini. Paling sekitar 5 sampai 6 SR di kawasan itu.”



sumber : http://teknologi.inilah.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...